Story dan Rancangan Pacman

Pac-Man adalah sebuah permainan arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Awalnya dirilis di arkade saja, Pac-Man yang masih populer hingga kini telah dirilis pula dalam platform lainnya seperti Game Boy dan SNES. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.
Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man. Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus. Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, namun tingkat ke-256 memiliki bug yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.
Rancangan dan komponen pada game maker nantinya:

(Gambar1. Track PacMan terdahulu)

  • Sprites: Gambar untuk game. Sprites dapat berisi gambar tunggal atau urutan gambar untuk animasi.
  • Sounds: Suara untuk efek atau backgroud. Format yang umum adalah OGG, MP3 dan WAV. WAV lebih sering digunakan untuk sound effect.
  • Background: gambar untuk latar belakang. Backround digunakan untuk tiles (kumpulan gambar untuk menggambarkan sebuah daerah) yang nanti diletakkan di game dengan room editor. Background juga digunakan untuk menyimpan texture untuk game 3D.

(Gambar2. Prototype path yang nantinya dibuat)

  • Paths: Path digunakan sebagai jalur untuk objek dalam game. Cocok misalnya untuk game berjenis Tower Defense.
  • Scripts: code yang dapat digunakan objek game. Bisa saja satu objek menggunakan script yang sama.
  • Shaders: Untuk efek grafik seperti Gaussian Blur untuk pencahayaan.
  • Fonts
  • TimeLines: timer untuk event.
  • Objects: Bersama room, elemen terpenting dalam game. Objek adalah aktor dalam game, komponen yang berinteraksi dengan user atau dengan objek yang lain.
  • Rooms: Setiap game minimal memiliki satu room. Room adalah wadah untuk objek-objek.
  • Included Files: File eksternal, biasanya untuk data.
  • Extensions: Library external, fungsi-fungsi tambahan dalam DLL atau Javascript.
  • Macros: Untuk menyimpan konstanta, variabel yang tidak berubah nilainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

All About Big Data

Bank Latihan soal UU Algoritma & Pemrograman 2 Gunadarma

Merubah Warna Pada Object Video Tertentu Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect